Senin, 13 Agustus 2012

Jaringan tanpa harddisk

Jaringan tanpa harddisk/thinstation dengan Windows 2003


Thin Station adalah Sebuah teknologi yang menjadikan 1 Komputer/Windows dapat di gunakan hingga oleh beberapa user, yang mana tiap-tiap thin station berfungsi seperti komputer biasa.

Untuk membangun jaringan tampa harddisk yang harus dipersiapkan disisi client adalah:
·         PC Pentium I 133 Mhz
o        memory 32 MB,
o        VGA Card direkomendasikan 1 MB (Agar mensupport resolusi 800 x 600 dibutuh kan VGA Card 2 MB).
o        Floppy (opsional jika tidak memperoleh lancard yang memiliki boot rom PXE versi 2.x )
o        Lancard dengan bootrom PXE (PXE versi 2.x
·         PC Server
o        Pentium IV (Pentium III dengan memory 512 masih dapat digunakan untuk max 4 client dgn aplikasi-aplikasi ringan)
o        Memory 512 untuk 10 client, 1 GB untuk 20 client (disarankan mennyediakan memory sebesar mungkin jika akan digunakan untuk aplikasi-aplikasi besar seperti Photoshop, Corel Draw, Webserver intranet dsb).
o        Harddisk (untuk client dibawah 20 titik, Harddisk dengan kecepatan 7200 RPM sudah memadai, jika lebih banyak disarankan menggunakan harddisk dengan kecepatan 10000 RPM atau harddisk SCSI akan memberikan performa yang lebih baik lagi).
·         Network Pheripheral
o        Switch HUB (Hub 100 Mbps cukup memadai, untuk performa yang lebih baik atau sebagai antisipasi pengembangan client Switch HUB dengan port 1 Gbps merupakan investasi yang menguntungkan disamping akan menunjang audio dan video streaming yang cukup memadai)
Saat ini terdapat switch dengan 2 port Gbps, ini sangat ideal untuk jaringan thinstation.
o        Kabel UTP dan RJ 45
o        Lancard (untuk server tentu tidak memerlukan bootrom dan umumnya mainboard P4 telah dilengkapi port untuk LAN, usahakan memperoleh lancard onboard giga ether)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

AHA..