Email
atau e-mail adalah singkatan
untuk Electronic Mail, atau dalam bahasa Indonesia berarti surat elektronik.
Halaman rujukan di Wikipedia Indonesia memberikan
sebuah kosa kata baru sebagai singkatan dalam bahasa Indonesia, yaitu surel.
Namun dalam tulisan ini saya akan tetap
menggunakan kata email agar anda tidak dibuat bingung dengan masalah bahasa.
Email sebagaimana layaknya surat, dibuat dengan tujuan untuk berkomunikasi.
Bedanya bila surat yang biasa dibuat diatas kertas, dan dikirim dengan
perantara kurir (lebih umum POS) maka hal tersebut tidak berlaku dengan email.
Email dari mulai ditulis, dikirim, hingga diterima dan dibaca semuanya
ditangani secara elektronis. Umumnya email dibuat (atau ditulis) menggunakan
Mail User Agent (MUA) lebih umum dikenal sebagai Email client), kemudian proses
pengiriman ditangani oleh Mail Transfer Agent (MTA) yang sering juga disebut sebagai mail server. MUA juga digunakan untuk
membuka dan membaca email kembali.
Alamat diperlukan dalam proses pengiriman email. Namun
tidak seperti alamat surat yang lazim kita gunakan. Sistem pengalamatan pada
email menggunakan format identitas dan domain yang digabung menggunakan
karakter @ (at, dibaca et). Misalnya email saya adalah email saya :
riva_fauziah@yahoo.com
Lebih banyak informasi tentang email silahkan merujuk pada:
* Surat Elektronik di Wikipedia Indonesia
* E-Mail di Wikipedia berbahasa Inggris, dan
* Email di WikiDirektif
Cara membuat
akun email (email account)
Bila anda menggunakan layanan
sebuah perusahaan penyedia jasa layanan internet (PJI, ISP) untuk berinternet
ria, biasanya anda akan diberikan sebuah atau bahkan mungkin beberapa alamat
email yang siap digunakan. Namun bila tidak,
anda masih dapat membuat sebuah akun email dengan gratis pada banyak penyedia
jasa layanan email yang sifatnya gratisan.
Begitu banyaknya penyedia layanan dimaksud hingga kadang membuat bingung
bagi mereka, netter yang sudah lama memanfaatkan jasa tersebut. Kadang dengan
alasan ruang penyimpanan (space) yang mulai tidak cukup lagi, sekedar coba-coba
layanan baru, sebab tawaran fitur yang dijanjikan penyedia, atau bahkan dengan
alasan sangat norak – “keren kan punya akun email disana!”
Dalam tulisan ini, saya akan membatasi panduan cara membuat email hanya
untuk layanan di Yahoo! Mail dan Gmail saja.
Yahoo!Mail
- Buka alamat http://mail.yahoo.com pada browser web
anda * Klik tautan secure yang terdapat dibawah form login
- Klik tautan Sign-Up. Kemudian anda akan diantarkan
pada halaman registrasi.
- Pada halaman ini silahkan isi informasi yang
dibutuhkan (ditandai dengan karakter bintang atau asterik (*))
Saya tidak menyarankan, tapi perlu diingat, tidak semua informasi yang
dibutuhkan harus diisi dengan valid. Anda dipersilahkan untuk memanipulasi identitas
yang sifatnya pribadi. Saat mengisikan Yahoo!ID, silahkan klik tombol Check
Availability of This ID untuk sekedar memastikan bahwa akun atau identitas yang
anda inginkan tersedia, atau belum digunakan oleh pengguna lain. Coba dengan ID
lain bila ternyata identitas yang anda inginkan sudah tidak lagi tersedia. Gunakan juga
password yang baik.
- Baca
dengan cermat ketentuan penggunaan (Term of Service, TOS) serta aturan
privacy (Privacy Policy)
Bila anda setuju klik I Agree, bila tidak silahkan tutup browser anda tanpa
perlu mengklik tombol I Do Not Agree.
- Proses registrasi sudah selesai bila anda kemudian
dihantarkan pada halaman yang Yahoo! Registration Complete yang berisi
beberapa informasi yang telah anda isikan sebelumnya, termasuk Yahoo!ID
dan alamat email anda.
- Lanjutkan
dengan mengklik tombol Continue to Yahoo!Mail
- Selamat
anda telah memiliki sebuah akun email baru dengan domain yahoo.com.
Yahoo!ID dan password yang anda miliki dari pendaftaran ini dapat juga
digunakan pada beberapa layanan lain yang disediakan oleh Yahoo!.
Gmail
Tidak seperti Yahoo!Mail, untuk
mendaftar di Gmail anda harus mendapatkan sebuah undangan dari para pengguna
lain yang sudah terlebih dahulu memiliki akun email disana. Bila anda memerlukan sebuah undangan atau Gmail invitation,
silahkan hubungi saya melalui email atau dengan dengan memberikan komentar.
- Bila sebuah undangan telah dikirimkan untuk anda,
maka yang perlu anda lakukan hanyalah melakukan aktivasi undangan tersebut
dengan mengklik tautan yang dikirim. Selanjutnya anda akan dihantarkan
pada halaman dimana anda harus mengisikan beberapa informasi yang
dibutuhkan.
- Klik
tombol I have read and agree to the Term and of Use. Creat my account.
Setelah informasi yang dibutuhkan pada halaman registrasi anda isi dengan
lengkap.
- Sesaat
kemudian anda mendapati halaman Introduction to Gmail dan ucapan
Congrulations bila proses pendaftaran tidak ada masalah.
- Lalu
klik I’m ready – show me my account bila sudah tidak sabar untuk
mengirimkan ucapan terimakasih kepada si pemberi undangan. Tak berbeda
dengan Yahoo!, akun Gmail anda juga bisa digunakan untuk keperluan layanan
lain yang disediakan oleh Google.
Jangan lupa Sign-Out
Saat anda telah memiliki email, gunakanlah dengan baik dengan mengindahkan
netiket. Penggunaan emoticon juga bisa anda selipkan diantara kalimat-kalimat
surat elektronik yang akan dikirim kepada rekan-rekan anda.
Perlu juga rasanya saya ingatkan, bila anda mengakses akun email
menggunakan mail client berbasis web pada tempat-tempat umum seperti warnet,
kantor, atau lab komputer di sekolah, jangan menandai checklist Remember my ID
on this computer atau semacamnya saat anda akan log-in, juga jangan pernah lupa
untuk mengklik teks atau tombol sign out setiap kali anda selesai menggunakan
layanan email. Hal ini memberikan jaminan ekstra bahwa akun email anda bebas
dari penyalahgunaan oleh orang yang tak berhak.
semoga bermanfaat...
jangan lupan komen ya...