Minggu, 23 September 2012

Protokol Dalam Jaringan

Protokol adalah sebuah aturan atau metode bagaimana komunikasi data dilakukan di antara beberapa komputer di dalam sebuah jaringan, aturan itu termasuk didalamnya petunjuk yang berlaku bagi cara-cara atau metode mengakses sebuah jaringan, topologi fisik, tipe kabel, dan kecepatan transfer data.
Protokol jaringan adalah berbagai protocol yang terdapat dari lapisan teratas sampai terbawah yang ada dalam sederetan protocol. Banyak protokol komunikasi komputer telah dikembangkan untuk membentuk jaringan komputer. Kompetisi antarperusahaan komputer seperti DEC, IBM, dll mengeluarkan berbagai standar jaringan komputer. Hal ini menimbulkan kesulitan terutama jika akan dilakukan interkoneksi antarberbagai jenis komputer dalam wilayah yang luas.
Macam-macam jenis protocol yang sering digunakan untuk mengimplementasikan sebuah jaringan:
1.   TCP/IP
TCP (Transsmision Control-Protocol) merupakan protokol yang digunakan untuk jaringan internet. Protokol juga digunakan pada system operasi Unix-Linux.
2.   IPX atau SPX
IPX atau SPX merupakan jenis protokol yang digunakan oleh Novell Netware yang pengaplikasiannya sering digunakan untuk multiplayer game. Ada kalanya multiplayer game juga menggunakan DCC (Direct Cable Connection).
3.   NetBIOS
NetBIOS merupakan jenis protokol yang digunakan oleh Microsoft untuk mengimplementasikan Local Area Network (LAN) manager.
4.   Ethernet
Protokol jenis ini menggunakan metode akses yang disebut CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access/Collision Detection). Sistem kerja protokol ini dapat dijelaskan sebagai berikut: jika suatu komputer melakukan permintaan dan pengiriman data, maka setiap komputer akan mendeteksi apakah jalurnya terpakai atau tidak, jika didalam jaringan tidak ada aktivitas atau bersih komputer akan mentransmisikan data, jika ada transmisi lain di dalam kabel, komputer akan menunggu dan akan mencoba kembali transmisi jika jaringan telah bersih. Protokol Ethernet dapat digunakan untuk pada model jaringan bus, star, tree.
5.   Local Talk
Local Talk adalah sebuah protokol network yang dikembangkan oleh Apple Computer, Inc. untuk mesin-mesin komputer machintosh. Metode yang digunakan oleh local talk adalah CSMA/CA (Carrier Sense Multiple access with Collision Avoidance). Operasi machintosh memungkinkan koneksi secara jaringan peer-to-peer tanpa membutuhkan apliaksi khusus.
 Sumber gambar: belajaronline9.blogspot.com

6.   Token Ring
Token Ring di kembangkan oleh IBM pada pertengahan abad 1980. Metode aksesnya lewat sebuah token dalam sebuah lingkaran seperti cincin. Dalam lingkaran token komputer-komputer dihubungkan satu dengan yang lainnya seperti sebuah cincin. Sinyal token bergerak berputar dalam sebuah lingkaran dalam sebuah jaringan dan bergerak dari sebuah komputer menuju ke komputer berikutnya.
Sumber gambar: id.wikipedia.org

Sumber:
Buku instalansi dan konfigurasi Jaringan Komputer, karangan dede Sopandi, penerbit Informatika
Panduan Membangun Jaringan Komputer (ed. Revisi; Utility Jaringan), Oleh Ahmad Yani, penerbit PT Kawan Pustaka, Jakarta, 2008.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

AHA..