Minggu, 14 Oktober 2012

Perbedaan Adaptor Notebook Original dan Compatible (KW)


Adaptor laptop anda rusak?? ingin mengganti dengan yang baru?? Mungkin anda  bertanyaxx apakah adaptor laptop yang anda beli ditoko itu Adalah Original (Asli) atau compatible (KW). Nah, untuk mrembedakannya tidaklah sulit, Secara kasat mata sebenarnya sangat nyata perbedaan adaptor ori dan KW
·   Bahan casing dari Adaptor Kw lebih tipis dari Original, coba disentil biasanya akan terasa isi dalam adaptor tersebut
·   Stiker yg ditempel pada Original tampak nyata Rapi dan bagus, sedangkan kw pada umumnya tampak kurang rapi
·   Secara umum adaptor Original lebih berat dibanding dengan yang compatible (tdk semuanya ya )
·   Adaptor Compatible/KW lebih cepat panas saat digunakan. Bila diukur daya pada adaptor original maka akan sama dgn yg tertera di stiker, sedangkan yg kw blum tentu sama dan inilah pengujian paling tepat.
·   Harga, dan ini yang tidak bisa bohong!!! harga original pasti lebih mahal, terkadang sampai 2x dari harga yang kw
Pertanyaannya sekarang, apakah menggunakan adaptor Compatible dapat merusak laptop, jawaban yang tepat menurut saya berdasarkan pengalaman dan pengujian secara umum sih tidak, cuman biasanya pada adaptor KW arus (daya) yg masuk tidak sempurna sehingga mengakibatkan daya kerja laptop menjadi terganggu yang berakibat ketidaknyaman dalam bekerja. Saya ambil analogi jika kita memakai  baju yg kw maka akan berbeda kenyamanannya dengan yg ori meski tdk sampe merusakan body penggunanya…Adaptor Ori juga jika sudah mulai rusak (biasanya cepat panas) akan mengalami masalah tsb.
Apakah kalau menggunakan adaptor laptop merk berbeda bisa merusak?? Berdasarkan hukum listrik sih gak masalah, Mis Daya (Volt & Ampere / V A = 19V 3.42a) harus sama antara yg terdapat pada adaptor dan pada yg tertera di Laptop.Perbedaan Merk misalnya Adaptor Acer 19v 3.42a digunakan utk Asus 19v 3.42 atau sebaliknya maka tdk ada masalah selama Colokan adaptor Laptop berukuran sama agar bisa masuk tentunya. sebaiknya sih menggunakan adaptor yg memang khusus diperuntukkan laptop tsb,kecuali karena terpaksa..
Mengapa Harga Adaptor Ori di service Center Sangat mahal dibanding Toko or Reseller ?? Padahal toko juga mengatakan kalau adaptor yang mereka jual Ori??
·   Service center sebenarnya tidak diberi wewenang dalam menjual produk tapi difungsikan utk perbaikan or pergantian barang yg rusak dalam masa garansi dan tiap-tiap merk sudah menunjuk masing-masing importir or distributor untuk menangani penjualan/distribusi.
·   Banyak Juga ditemukan para Importir umum yang memasukkan barang langsung dari Luar negeri dalam jumlah banyak sehingga harga Original bisa menjadi lebih murah daripada membeli di Gerai-gerai Brand yang ada. Sama halnya dengan membeli Laptop yang bergaransi Resmi lebih mahal dibanding yg bergaransi Toko (Distributor) meski sama-sama Original.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

AHA..