Protokol adalah sebuah aturan atau metode bagaimana komunikasi data
dilakukan di antara beberapa komputer di dalam sebuah jaringan, aturan itu
termasuk didalamnya petunjuk yang berlaku bagi cara-cara atau metode mengakses
sebuah jaringan, topologi fisik, tipe kabel, dan kecepatan transfer data.
Protokol jaringan adalah berbagai protocol yang terdapat dari lapisan
teratas sampai terbawah yang ada dalam sederetan protocol. Banyak protokol
komunikasi komputer telah dikembangkan untuk membentuk jaringan komputer. Kompetisi
antarperusahaan komputer seperti DEC, IBM, dll mengeluarkan berbagai standar
jaringan komputer. Hal ini menimbulkan kesulitan terutama jika akan dilakukan
interkoneksi antarberbagai jenis komputer dalam wilayah yang luas.
Macam-macam jenis protocol yang sering digunakan untuk mengimplementasikan
sebuah jaringan:
1. TCP/IP
TCP (Transsmision Control-Protocol)
merupakan protokol yang digunakan untuk jaringan internet. Protokol juga
digunakan pada system operasi Unix-Linux.
2. IPX atau SPX
IPX atau SPX merupakan jenis protokol yang
digunakan oleh Novell Netware yang pengaplikasiannya sering digunakan untuk
multiplayer game. Ada
kalanya multiplayer game juga menggunakan DCC (Direct Cable
Connection).
3. NetBIOS
NetBIOS
merupakan jenis protokol yang digunakan oleh Microsoft untuk
mengimplementasikan Local Area Network (LAN) manager.
4. Ethernet
5. Local Talk
Local Talk
adalah sebuah protokol network yang dikembangkan oleh Apple Computer, Inc.
untuk mesin-mesin komputer machintosh. Metode yang digunakan oleh local talk
adalah CSMA/CA (Carrier Sense Multiple access with Collision Avoidance).
Operasi machintosh memungkinkan koneksi secara jaringan peer-to-peer tanpa
membutuhkan apliaksi khusus.
Sumber
gambar: belajaronline9.blogspot.com
6. Token Ring
Token Ring di kembangkan oleh IBM pada pertengahan abad 1980. Metode
aksesnya lewat sebuah token dalam sebuah lingkaran seperti cincin. Dalam
lingkaran token komputer-komputer dihubungkan satu dengan yang lainnya seperti
sebuah cincin. Sinyal token bergerak berputar dalam sebuah lingkaran dalam
sebuah jaringan dan bergerak dari sebuah komputer menuju ke komputer
berikutnya.
Sumber gambar: id.wikipedia.org
Sumber:
Buku instalansi dan konfigurasi
Jaringan Komputer, karangan dede Sopandi, penerbit Informatika
Panduan Membangun Jaringan Komputer (ed. Revisi; Utility Jaringan), Oleh
Ahmad Yani, penerbit PT Kawan Pustaka, Jakarta, 2008.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
AHA..